KAMPUS NUGRAHA

Just another WordPress.com weblog

SILABUS MATA KULIAH: Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran di TK March 30, 2007

Filed under: SILABUS/PROGRAM — kampusnugraha @ 8:29 pm

SILABUS MATA KULIAH 

A. IDENTITAS MATA KULIAH 

§         Mata Kuliah                  : Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran di TK§         Kode Mata Kuliah       : PGT §         Bobot SKS                    : 2 SKS§         Semester                        : 3 (tiga)§         Prasyarat                       : Tidak ada§         Dosen/kode                  : Ali Nugraha (1987)                                          B. TUJUAN MATA KULIAH 

Mahasiswa meguasai konsep dan pengembangan perencanaan serta pengelolaan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak secara utuh, menyeluruh dan dapat menerapkannya sesuai tuntutan tugas sebagai guru TK pada kompetensi dimaksud.

 

C. DESKRIPSI MATA KULIAH

Dalam Mata Kuliah Perencanaan dan Pengelolaan Pembelajaran di TK, mahasiswa akan diarahkan untuk menguasai secara substansial, utuh dan menyeluruh mengenai konsep, tujuan, fungsi, prinsip, komponen, jenis/bentuk, teknik serta pengembangan perencanaan di TK. Materi tersebut ditindaklanjuti dengan pengkajian dan pendalaman tentang konsep, tujuan, prinsip, jenis kegiatan, pendekatan, kompenensi, serta prosedur pengelolaan kelas di TK. Kedua pokok materi tersebut akan dilengkapi dengan faktor-faktor yang mempengaruhi masing-masing dalam pengembangannya.

 

D. TUJUAN UMUM PERKULIAHAN DAN MATERI PERKULIAHAN

 

No

Tujuan Umum Perkuliahan

Materi Perkuliahan

Perkiraan Waktu

1. Mahasiswa memahami konsep perencanaan di Taman Kanak-Kanak secara utuh dan lengkap. 1.1.   Pengertian perencanaan dan perencanaan pembelajaran1.2.   Batasan perencanaan pembelajaran di TK 50 menit
2. Mahasiswa memahami tujuan dan fungsi perencanaan di Taman Kanak-Kanak secara baik dan menyeluruh. 

2.1. Tujuan perencanaan di Taman Kanak-Kanak2.2. Fungsi perencanaan di Taman Kanak-Kanak 100 menit
(1) (2) (3) (4)
3. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak 3.1. Prinsip-prinsip pembelajaran di TK3.2. Komitmen menegakkan prinsip perencanaan di TK 50 menit
4. Mahasiswa memahami komponen  perencanaan di Taman Kanak-Kanak 4.1. Komponen-komponen perencanaan pembelajaran umumnya4.2. Komponen-komponen perencanaan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak 100 menit
5. Mahasiswa memahami jenis-jenis perencanaan yang dikembangkan di Taman Kanak-Kanak

5.1.   Konsep dan anatomi perencanaan tahunan, semester atau catur wulan di Taman Kanak-Kanak

5.2.   Konsep dan anatomi perencanaan mingguan dan harian/tatap muka di Taman Kanak-Kanak

100 menit
6. Mahasiswa menguasai teknik-teknik pembuatan dan pengembangan perencanaan di TK secara terampil dan lancar. 6.1. Teknik seleksi dan pengembangan tujuan serta kemampuan untuk anak TK6.2. Teknik seleksi dan pengembangan materi dan tema pembelajarn di TK6.3. Teknik seleksi dan pengembangan kegiatan pembelajaran di TK6.4. Teknik seleksi dan pengembangan evaluasi pembelajaran di TK6.5. Teknik seleksi dan pengembangan media dan alat bantu di TK 250 menit
7. Mahasiswa memahami konsep dan tujuan pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 7.1. Konsep pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak7.2. Tujuan pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 50 menit
8. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 8.1. Prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 100 menit
9. Mahasiswa memahami unsur-unsur kegiatan dalam pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak

9.1. Pengaturan anak dalam pembelajaran (emosional, disiplin, minat, gairah, dinamikannya kelompok, dll)

9.2. Pengaturan fasilitas pembelajaran (ventilasi, pencahayaan, kenyamanan, posisi obyek/benda, penempatan anak)

100 menit
10. Mahasiswa terampil menggunakan pendekatan-pendekatan dalam pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 10.1. Pendekatan otoriter (menegakkan tatib/disiplin)10.2. Pendekatan permisif (kebebasan siswa tinggi)10.3. Pendekatan Behavior modification (merubah prilaku secara manusiawi)10.4. Pendekatan sosio-emosional (teladan, apa adanya, menerima anak)10.5. Pendekatan proses kelompok  (kelompok harmonis dan produktif)10.6. Pendekatan ekletik (campuran: 10.3, 10.4. dan 10.5) 150 menit
11. Mahasiswa memahami dimensi-dimensi pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 11.1. Dimensi preventif (pencegahan)11.2. Dimensi korektif (pembetulan, tindakan dan penyembuhan) 100 menit
12. Mahasiswa menguasai cara mengukur dan menilai indikator-indikator keberhasilan dalam pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 

12.1. Kondisi pembelajaran yang kondusif (kelas, kelompok, individu)12.2. Komunikasi/hubungan interpersonal yang baik, produktif dan efektif (guru-anak, anak-anak) 100 menit
(1) (2) (3) (4)
13. Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam pengelolaan kelas di Taman Kanak-Kanak 13.1. Faktor penunjang pembelajaran yang efektif dan produktif di TK13.2. Faktor penghambat pembelajaran di TK 50 menit
14. Mahasiswa menguasai prosedur pengelolaan pembelajaran di TK secara utuh. 14.1. Tahapan-tahapan pengelolaan kelas14.2. Kompetensi guru TK dalam setiap tahapan pengelolaan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak 300 menit

 

E. SUMBER RUJUKAN 

1.      Ansyar, Mohamad, dkk (1992), Pengembangan dan Inovasi Kurikulum,
Jakarta: Depdikbud-Dikti-P2TK

2.      Beaty. J. Janice . (1994) Observing Devopment of Young Child. (third Edition).
New Jersey: By Prentice-Hall. Inc
3.      Beaty. J. Janice . (1996) Skills for Preschool Teachers.
New Jersey: By Prentice-Hall. Inc
4.      Bergen (1994), Understanding Preschool Play, Columbus: The

Ohio
State
University

5.      Daeng, Sari. P. Dini. (1996). Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak. Depok: Depdikbud.

6.      Diah Harianti. (1993). Program Kegiatan Belajar
Taman Kanak-kanak 1994.

Jakarta : Depdikbud.
7.      Ford, S.A (1993), The Facilitator Role In Children Play: Journal: Young Children, 49.66-69.

8.      Hamalik, Oemar (1990), Metode Belajar dan Kesulitan Belajar,
Bandung: Tarsito

9.      Hainstock, Elizabeth (1999), Metode Pengajaran Montessori Untuk Anak Pra Sekolah,
Jakarta: Delaprasta

10.  Hurlock R. Elizabeth. (1978). Child Development (Sixth Edition). Mc. Graw    Hill. Mc

11.  Ibrahim, R , Perencanaan Pengajaran,
Jakarta: Rineka Cipta

12.  John, Maggie (1993), Play and Learn, Hongkong: Conran Octopus Lmt.

13.  Kartono, Kartini. (1985). Mengenal Dunia Kanak-kanak.
Jakarta:  CV. Rajawali.

14.  Leeper, Sarah (1982),
Good
School for Young Children,

New York: Macmillan Pub. Company

15.  Lundsteen, Sara Wynn & Tarrow, Norma Bernsten (1981), Guide Young Children,
New York : Mc.Graw Hill Book Company

16.  Munandar, Utami, (1992), Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Orang Tua dan Guru,
Jakarta: Grasindo.

17.  Patmonodewo, Soemiarti. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah.
Jakarta: Rineka Cipta.

18.  Reiser, Robert A and Dick Walter (1999), Instructional Palnning : A Guide for Teacher, Massacusets: Allyn & Bacon Company19.  Roopnaire & Johnson (1993), Approaches to Early Childhood Education,
New York: Macmillan

20.  Sollehuddin (1997), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, Bandung: IKIP
bandung

21.  Sudono, Anggani. (1995). Alat permainan dan Sumber Belajar
Taman Kanak-kanak
.
Jakarta: Depdikbud.

22.  Sugianto, Mayke, T. (1995). Bermain, Mainan dan Permainan.
Jakarta: Depdikbud.

23.  Syah, Muhibbin (2000), Hakekat Belajar dan Pembelajaran (On Line) Tersedia: http//www.ut.ac.id/oi.supp/3801/hakekat.htm

24.  Welton, David A & Mallon, John T (1981), Children and Their World, Strategies For Teaching,
Boston: Houghton Milton Company

25.  Wijaya, Cece (1992), Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran,
Bandung: Remaja Karya

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.