KAMPUS NUGRAHA

Just another WordPress.com weblog

SILABUS : UNIVERSITAS ISLAM NEGERI March 30, 2007

Filed under: SILABUS/PROGRAM — kampusnugraha @ 8:34 pm

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI FAKULTAS TARBIYAH
BANDUNG
 SILABIS MATA KULIAH 

Nama Mata Kuliah                   : Kurikulum TK/RA

Bobot                                       : 3 SKSJurusan/Program                       : PGTK/PGRASemester/Jenjang                      : III / D-2

Dosen/Kode                             : Ali Nugraha / 9005

Prasyarat                                  : – 

  1. Tujuan Perkuliahan:

Secara umum perkuliahan ini ditujukan untuk membekali para mahasiswa program D-2 PGTK IAIN agar menguasai secara komprehensip tentang ruang lingkup kurikulum pra-sekolah pada umumnya dan kurikulum pendidikan TK/RA, sehingga lulusan dapat mengembangan kurikulum pada jenjang tertesebut secara memadai. Sedangkan secara lebih khusus, berbagai tujuan tersebut tergambar sebagai berikut:1.      Memahami batasan kurikulum, khususnya kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA) 2.      Memahami landasan dalam pengembangan kurikulum, khususnya kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA) 3.      Memahami komponen dalam pengembangan kurikulum, khususnya kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA) 4.      Memahami kurikulum yang berlaku dan digunakan untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA)5.      Memahami strategi implementasi, khususnya bermain sebagai landasan pokok dalam pengembangan kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA)6.      Memahami pengembagan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum untuk pendidikan pra-sekolah (TK/RA) B.  Materi  Perkuliahan:            1.      Batasan dan pengertian kurikulum pendidikan pra-sekolah (TK/RA): tinjauan para ahli berdasrkan berbagai sudut pandang2.      Landasan-landasan dalam pengembangan kurikulum pendidikan pra-sekolah (TK/RA): filosofis, psikologis, sosiologis, organisatoris, dan Iptek.3.      Anatomi kurikulum dan interrelasinya pada kurikulum pendidikan pra-sekolah (TK/RA) : tujuan dalam kurikulum TK/RA, isi kurikulum, proses, dan evaluasi.4.      Landasan, tujuan, prinsip dan isi kurikulum TK/RA (yang berlaku dan sedang dilaksanakan): PKB-TK 1994, Kurikulum RA dan KBK untuk TK/RA5.      Pengembangan kurikulum TK/RA (yang berlaku dan sedang dilaksanakan): Pengembangan tujuan/kemampuan anak, pengembagan materi/tema, pengembangan satuan kegiatan, pengembangan strategi/metode serta pengembangan evaluasi setiap kegiatan.6.      Stratetegi implementasi kurikulum TK/RA, khususnya penerapan bermain sebagai landasan pokok dalam Pengembangan kurikulum dan pembelajaran di TK/RA7.      Evaluasi kurikulum TK/RA (yang berlaku dan sedang dilaksanakan): batasan, tujuan, alat, pelaporan dan tindak lanjut. 

C.  Strategi Perkuliahan

1.      Ceramah2.      Diskusi dan Pembahasan Kasus3.      Praktek/simulsasi4.      Kunjungan Lapangan 

D. Penilaian

1.      Ujian Tengan Semester2.      Ujian Akhir Semester3.      Tugas4.      Kehadiran dan Partisipasi Perkuliahan 

E.  Sumber Bacaan

1.      Ali Nugraha, (2000), Tumbuh dan Belajar Anak Usia Dini,
Bogor: KKB-Bakat
2.      Bredecamp & Copple (1997), Developmentally Appropriate Practice,
Washington DC: NAEYC
3.      Claudia Ellison & Lea Jenkins, Practice/Guide To Early
Chilhood Curriculum, USA: McMillan College Publishing Company
4.      Diah Hariati, PKB-TK 1994,
Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud, 1994
5.      Depdiknas, Berbagai Pedoman, Buku I, II, III dan petunjuk kurikulum TK 19946.      Depdiknas, Kurikulum Berbasis Kompetensi di TK7.      Homman & Weikart (1997), Edicating Young Children: Active Learning Practices For Preschool,
Michigan : High/Scope
8.      Marjorie J. Kostelink, Teaching Young Children Using Themes, USA:Michigan
State University9.     
Sollehuddin, Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah,
Bandung: FIP UPI, 2000
10.  Sobut, Complete Curruculum For Early Chilhood Education, NY

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s